Saya anak indonesia cinta pancasila

Cinta tanah air adalah suatu kasih sayang dan kecintaan kita terhadap tanah kelahiran kita. Cinta tanah air Indonesia merupakan suatu kewajiban kita sebagai Warga Negara Indonesia. Cinta terhadap tanah air adalah rela berkorban demi Negara yang dia cintai. Karena kita lahir di tanah Negara Indonesia kita tinggal di tanah ini kita besar di tanah ini dan kita makan dan minum dari tanah yang kita pijak ini yaitu Negara Indonesia. Karena semua yang kita butuhkan terdapat di Negara ini. Indonesia merupakan Negara yang memiliki seribu pulau, memiliki banyak suku, budaya, ras, agama, dan memiliki banyak sekali bahasa tetapi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.        
                Pada zaman sekarang, yaitu zaman modern semua masyarakat harus bekerja sama dengan Negaranya, agar Negara yang mereka bela dapat bersaing dengan Negara – Negara lain yang ada di dunia. Begitu pula dengan rakyat Indonesia. Dengan segala kemampuan yang kita miliki, bangsa kita bangsa Indonesia berusaha mendapatkan prestasi di mata dunia. Dengan berbagai suku, ras, bahasa, budaya, dan agama yang memliki pontesi yang besar untuk mengharumkan nama bangsa di mata dunia masyarakat Indonesia harus bersatu pada dalam mengharumkan nama baik Negara Indonesia.
                 Namun akhir akhir ini banyak sekali perselisihan antar warga, mulai dari tauran,aksi genk motor, serta maraknya bentrokan antar warga. Awal nya Negara kita adalah Negara yang saling tolong menolong antar warga, rukun, damai, ramah dan sayang menyangi antar warga. Kenapa sering terjadi perselisihan antar warga? Karena sekarang zaman nya teknologi, dimana semua orang sibuk dengan gedjet mereka. Mereka yang memiliki teknologi canggih cenderung melakukan aktivitas individu. Kerena aktivitas individu tersebut orang orang zaman sekarang kurang berinteraksi dengan manusia lain. Jiwa sosial yang kurang dibangun dari diri sendiri lah yang membuat mereka cenderung untuk berinteraksi dengan manusia lainnya. Interaksi iya tapi melalu gedjet nya tersebut, tapi tidak face to face atau betatap muka secara langsung.
                Jika kita cinta terhadap tanah air Indonesia, kita jangan hanya mengahafalkan sila- sila yang ada di pancasila saja, tetapi kita harus mengaplikasikannya di dalam kehidupan kita sehari hari. Contoh sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, kita harus mengaplikasikan di dalam kehidupan kita yaitu dengan cara melakukan ibadah kepada tuhan yang maha esa. Paling tidakm, dengan tahu nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pacasila kita akan mencintai tanah air Indonesia.
                 Banyak masyarakat yang masih kurang paham tentang arti dari cinta terhadap tanah air. Masyarakat masih menyepelakan tentang arti cinta tanah air. Padahal hal yang sepele itu lah yang sangat berpengaruh untuk kelangsungan hidup Negara kita ini. Maka dari itu saya selaku penulis ingin memberikan penjelasan tentang bagaimana menanamkan kecinta kita terhadap tanah air Indonesia.
 Identifikasi masalah kali ini adalah bagaimana menanamkan kembali sikap tentang arti pentingnya kecintaan kita terhadap tanah air Indonesia kepada masyarakat awam yang masih kurang paham tentang arti dari kecintaan kita terhadap tanah air Indonesia. Dan upaya dalam menanamkan sikap cinta terhadap tanah air Indonesia sejak dini kepada anak anak kecil.
Cinta tanah air memiliki arti masing – masing. Cinta arti nya suka sekali dan setanah air memiliki arti sebangsa atau senegara, jadi arti dari 3 suku kata tersebut adalah suka terhadap bangsanya sendiri. Pada hakekatnya cinta tanah air adalah bangga menjadi salah satu bagian dari tanah air Indonesia dan yang ingin sekali mengharumkan nama Negara di mata dunia. Cinta tanah air tidak hanya untuk mengaharumkan nama bangsa saja tetapi juga harus selalu mengenang jasa jasa pahlawan yang telah membuat bangsa ini terbebas dari penjajahan oleh Belanda dan Jepang.
                  Sangat bisa di katakana bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia di lahirkan oleh generasi yang mempunyai rasa Nasionalisme dan Idealisme yang tinggi. Karena rasa Nasionalisme dan Idealisme nya yang tinggi Negara Indonesia bisa terlepas dari jajahan Belanda dan Jepang dan melakukan deklarasi kemeredekaan. Bayangkan jika para pahlawan tidak mempunyai rasa Nasionalisme dan Idealisme, Negara mungkin masih di jajah oleh Negara jajahan. Maka dari itu kita harus selalu mengenang jasa para pahlawan. Kalo yang pernah dikatakan Bung Karno “Jangan Sekali – Kali Melupakan Sejarah” (JASMERAH). Kenyataannya kita hidup berbangsa dan bernegara tidak bisa lepas dan dipisahkan oleh sejarah dan masa lampau.
                  Cinta tanah air adalah sama saja rela berkorban demi kepentingan Negara. Memajukan kehidupan bangsa, mencerdaskan diri demi ikut berpartisipasi dalam rangka proses pembangunan tanah air atau negaranya dari Negara yang kecil, berkembang sampai menjadi Negara yang maju. Menghayati arti dari cinta tanah air memanglah bukan masalah yang mudah, perlu kesabaran dan kerendahan hati untuk menjalankan hal tersebut, dikarenakan banyak ancaman dan tantangan yang dapat datang dari mana saja, baik itu dalam diri kita maupun dari luar diri kita, baik itu datang dari dalam negri maupun datang dari luar negri, tetapi asal kita mempunyai tekad yang kuat untuk mencintai tanah air kita tanah air Indonesia dengan sepenuh hati, pastilah kita akan di mudahkan oleh yang Maha Kuasa dalam segala halnya terutama dalam tindakan yang positif.
               
                   Sebagai warga Negara Indonesia sudah seharusnya kita menghormati Negara dan bangsa kita sendiri dengan segala cara dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab. Orang yang tidak mencintai tanah kelahirannya sendiri merupakan penghianat, karena tidak berterima kasih kepada Negara nya dimana dia tinggal,makan,minum,serta hidup di tanah yang membesarkannya. Orang – orang di luar sana banyak sekali yang tidak menghormati tanah kelahirannya sendiri,ada teman saya ingin sekali ingin menjadi warga Negara amerika, padahal dia merupakan warga Negara Indonesia. Itu adalah bukti bahwa masih ada orang yang tidak menghormati tanah kelahirannya.
                   Dengan ada nya orang atau rakyat mencintai Negara nya sendiri mampu membuat Negara nya aman dari ancaman dari berbagai gangguan baik dari dalam maupun luar. Dengan ada nya cinta tanah air dapat membantu Negara untuk membangun Negara ini agar sejajar dengan Negara Negara lain yang maju. Sedikit demi sedikit orang yang mencintai Negara nya sendiri dapat membuat Negara kita mejadi lebih maju. Contoh nya saja Negara Singapore, mereka dapat di katakan Negara maju karena masyarakat nya mencintai Negara nya. Masyarakat Singapore sangat tertib terhadap peraturan yang dibuat oleh pemerintah nya,padahal Singapore belum lama merdeka seperti Indonesia.
                   Dengan menyayangi Negara kita sendiri dan menghormatinya kita dapat berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk Negara ini,bukan untuk menghancurkannya. Namun, banyak pihak asing yang ingin menguasai,merusak,dan menghancurkan Negara kita ini,sehingga perlu kita jaga dan pertahankan NKRI sampai titik darah penghabisan. Kita sebagai generasi muda harus lah mencintai Negara Indonesia dengan segenap jiwa raga kita. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dalam mewujudkan rasa oersatuan dan cinta tanah air, harus kita laksanakan di lingkungan keluarga, sekolah, tempat tinggal kita, bahkan di manapun kita berada. Sebagai generasi penerus bangsa hendak nya kita dapat mewujudkan sikap dan tingkah laku yang bermanfaat bagi kepentingan masyrakat yang merugikan diri sendiri atau masyarakat. Sebagai generasi muda penerus bangsa jura hyfa harus beperan seperti pahlawan yang telah gugur di medan peran. Para pahlawan berani mengorbankan diri mereka untuk tanah air yang mereka cintai yaitu tanah air Indonesia.
                   Di zaman sekarang ini Negara kita aman,karena kita tidak sedang berperang seperti zaman dahulu. Nah kalo di zaman sekarang kita mewujudkan rasa cinta tanah air kita dengan berbagai macam cara yaitu :
Sebagai pelajar kita harus bertanggung jawab. Dengan belajar bersunguh – sungguh dan tekun.
Menghormati upacara bendera sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia. Pahlawan menaikan bendera sang Merah Putih dengan darah dan pengorbanan mereka, kita sebagai peserta upacara harus menghormati bendera sang Merah Putih tersebut.
Memperlajari sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan para pahlawan yang berjuang demi bangsa Indonesia. Serta menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan.
Menghormati symbol – symbol Negara seperti lambang burung garuda, bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia raya, dan lain sebagai nya.
Mencintai dan menggunakan produk local asli buatan dalam negeri agar pengusaha local bisa maju dan sejajar dengan pengusaha asing yang ada di Indonesia.
Ikut membela mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa dan Negara Indonesia dengan segenap tumpah darah secara tulus dan ikhlas.
Turut serta dalam mengawasi jalannya roda pemerintahan dan membantu meluruskan yang salah sesuai dengan mekasnisme yang berlaku.
Membantu mengahrumkan nama baik bangsa dan Negara Indonesia kepada warga Negara asing yang di dalam maupun di luar negeri serta tidak melakukan tindakan – tindakan yang mencoreng nama baik bangsa Indonesia.
Menggunakan bahasa asli bahasa Indonesia dengan baik dan benar pada acara – acara resmi dalam negeri. Tidak hanya dalam acara – acara resmi melainkan dalam kehidupan sehari – hari.
Beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk memajukan dan mewujudkan ketertiban serta ketentraman baik di lingkungan sekitar maupun secara nasional.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman BAB 5 PPKN Tentang Sumpah pemuda